Membersihkan dan Menata Kamar Mandi

Yang dimaksud dengan cara membersihkan dan menata kamar mandi adalah  bagaimana caranya roomboy membersihkan dan mengatur perlengkapan yang ada di dalam kamar mandi sehingga bersih, aman dan nyaman. Karena tamu yang memasuki kamar, biasanya melihat kebersihan dan kelengkapan kamar mandi.  Ini berarti bahwa kebersihan dan kelengkapan kamar mandi umumnya dijadikan  tolok ukur terhadap kebersihan kamar ataupun kebersihan hotel itu sendiri. 

Oleh karena itu pragmugraha harus mempunyai wawasan  yang luas,mempunyai pengetahun dan keterampilan tentang alat pembersih, bahan pembersih serta barang-barang keperluan tamu yang ditempatkan di kamar mandi. Alat-alat sanitasi, serta metode yang digunakan di berbagai hotel cukup berpartispasi. Umumnya alat-alat sanitasi yang ada di kamar mandi ialah: 
a.Tempat mencuci tangan (wash basin)
b.Bak mandi (bath tub) dan shower
c.Jamban  (toilet bowl)

Disamping alat-alat tersebut kadang-kadang dilengkapi juga dengan “bidet” yang fungsinya sama dengan jamban, yang biasanya dipakai khusus untuk wanita. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas, perhatikanlah denah kamar mandi dengan perlengkapannya.
a.Persiapan
Menyiapkan peralatan serta bahan pembersih berupa sikat kamar mandi, toilet bowl brush, sponge, towel   dan obat pembersih. Keseluruhan peralatan dan obat-obatan tersebut harus dipersiapkan dalam keadaan bersih.

b. Langkah – langkah membersihkan alat-alat Sanitasi :
1) Semburkan “Flusing”  air pada jamban atau “toilet bowl” menghanyutkan/membuang  bila ada kotoran tertinggal didalamnya. Kemudian tuangkan bahan pembersih (disinsfectant), 

2) biarkan beberapa saat sambil menunggu bahan pembersih tersebut bereaksi, tinggalkan untuk mengerjakan pekerjaan yang lain

3) Cuci gelas dan asbak yang direndam dalam “wash basin” kemudian telungkupkan dimeja wash basin atau diletakkan di atas roomboy trolley yang sudah dialasi dengan napkin khusus untuk gelas

4) Mulailah membersihkan bagian atas, antara lain  kaca atas wash basin table dengan chemical khusus yang telah disiapkan

5) Cucilah “Wash basin” dengan campuran air dan sabun cair dan digosok dengan spon  (soft/hard). Cucilah semua kran dan pipa air. Bilaslah dengan air secukupnya, jangan lupa membersihkan kotoran yang mengendap pada saringan air.

6)  Bersihkan bak mandi, Mulailah dari membersihkan pancuran atau “shower”kemudian dilanjutkan ke dinding dan akhirnya bak  mandi (bath Tub). Gosoklah dengan sponge gunakan sabun cair, bila dasar bak mandi masih kotor, gosoklah dengan bubuk pembersih. Bilaslah dengan baik, bila perlu pakai air hangat dari kran air atau shower.

7) Bersihkan tirai mandi dengan alat dan bahan tersebut diatas. Kemudian bilas dengan air bersih.

8) Keringkan dengan lap katun mulai dari  “shower” dinding kamar mandi, bak mandi, tirai mandi, dan semua kran.

9) Keringkan gelas dan asbak yang ditaruh diatas meja “wash basin” atau  diatas roomboy trolley kemudian masukkan gelas yang sudah bersih dan kering itu ke dalam plastik pembungkus. Keringkan “wash basin”, pipa dan semua keran

10) Bersihkan bagian dalam jamban atau “toilet bowl” Gosokkan dengan sikat khusus (toilet bowl brush) jamban secara merata, semburkan atau “flushing” air jamban beberapa kali sampai buih sabunnya habis.  
 
11) Kibaskan sikat jamban kemudian masukan ke dalam kantong  plastik atau
tempat jamban yang sudah disediakan.
 
12) Gosok tangki air, pipa, tempat duduk dan bagian bawah jamban dengan sepon yang berisi sabun dan “disinfectant”, kemudian bilaslah dengan air bersih  yang diambil dari kran bak mandi atau ember yang sudah disiapkan.

13) Bersihkan pintu kamar mandi pada bagian dalam dan luar.

14) Kembalikan Cary Cady atau kotak alat dan bahan pembersih ke dalam trolley cart.

Popular posts from this blog

Istilah-Istilah Dalam Bertelepon

Teori Marketing Perhotelan

Strategi Dan Perencanaan Pemasaran