Akuntansi Sektor Publik

Setelah saya beberapa hari ini absen untuk melanjutkan pembahasan mengenai akuntansi ini, akhirnya saya kembali lagi untuk melanjutkan thread yang sebelumnya yaitu Jurnal Penutup Untuk Perusahaan Persekutuan. Di dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Akuntansi Sektor publik, karena akuntansi sektor publik adalah pembahasan kita selanjutnya. Apa diantara kalian ada yang tau mengenai akuntansi sektor publik? pasti ada yang tau dan ada yang tidak, untuk anda yang tidak atau kurang tau mengenai akuntansi sektor publik mari kita bahas bersama-sama.

Apa itu akuntansi sektor publik?
Akuntansi sektor publik memiliki kaitan yang sangat erat dengan penerapan dan perlakuan akuntansi pada sektor publik. Sektor publik sendiri memiliki wilayah yang lebih luas dan komplek dibandingkan dengan sektor swasta. Keluasan wilayah publik tidak hanya disebabkan luasnya jenis dan bentuk organisasi yang berada didalamnya, akan tetapi juga kompleksnya lingkungan yang mempengaruhi lembaga – lembaga publik tersebut.

Keluasan wilayah publik meliputi :
a.Badan – badan pemerintah ( pusat, daerah dan unit kerja pemerintah )
b.Perusahaan milik negara  ( BUMN dan BUMD )
c.Yayasan , organisasi politik dan organisasi massa LSM, Universitas dan Organisasi nirlaba lainnya.


ORGANISASI SEKTOR PUBLIK
Pengembangan Sektor Publik dikarenakan adanya  :
1.Perubahan Persepsi Masyarakat terhadap kinerja Pemerintah, seperti : pelayanan umum yang diberikan oleh pemerintah seharusnya lebih optimal.

2.Untuk memperbaiki kinerja pemerintah, maka lembaga negara, instansi pemerintah, entitas ekonomi harus di kelola berdasarkan prinsip – prinsip sebagai berikut :
a.Transparansi, keterbukaan dari pemerintah dalam mengelola negara.

b.Partisipasi, negara melibatkan partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan dengan mendengarkan usulan – usulan dari rakyat.

c.Akuntabilitas, yaitu adanya pertanggungjawaban dari sumber daya yang digunakan pemerintah untuk mengelola negara kepada publik.

Sebelum dibahas secara lebih spesifik tentang akuntansi sektor publik, perlu kiranya kita bahas terlebih dahulu tentang akuntansi pemerintahan yang merupakan bagian dari akuntansi sektor publik. Saya akan membahas ini di thread selanjutnya mudah-mudahan dengan materi akuntansi sektor publik ini menambah wawasan dan pengetahuan anda.

Popular posts from this blog

Istilah-Istilah Dalam Bertelepon

Teori Marketing Perhotelan

Strategi Dan Perencanaan Pemasaran