Cara Mengoperasikan Facsimile

Setelah sebelumnya saya membahas tentang Istilah-Istilah Dalam Bertelepon. Di dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Cara Mengoperasikan Facsimile, mudah-mudahan ilmu ini sangat bermanfaat bagi kita semua. Berikut adalah penjelasannya :

Facsimile adalah suatu alat elektronik yang berfungsi sebagai fotocopy jarak jauh. Dikatakan demikian sebab berita yang disampaikan sama seperti yang diterima. Banyak reservation (pemesanan kamar hotel) menggunakan media ini. Penanganan facsimile baik penerimaan maupun pengiriman dilakukan atau menjadi tanggung jawab operator telepon. Operator telepon juga bertugas mencatat dan menyusun laporan penggunaan facsimile.

Keuntungan menggunakan facsimile
1)Pengiriman/penerimaan lebih cepat dari telex
2)Berita lebih mudah dimengerti jika dibandingkan dengan telex yang masih menggunakan singkatan-singkatan
3)Beritanya diterima secara utuh, sama persis dengan yang dikirim.

Cara mengirimkan berita melalui facsimile
1)Masukkan kertas/dokukmen ke dalam mesin facsimile
2)Tekan tombol “Hook/RSV“
3)Tekan nomor fac yang dituju
4)Setelah nomor masuk ada 2 kemungkinan jawaban, yaitu:
a.Apabila facsimile tersebut berfungsi sebagai nomor facsimile saja, maka jawabannya adalah bahwa berita siap diterima, fac tersebut akan berbunyi tiiiiit… panjang.
b.Apabila facsimile juga berfungsi sebagai pesawat telepon, maka sebelum fac masuk harus dijawab dulu, lalu si penjawab akan membuka line pengiriman dapat diterima.
5)Apabila line yang dituju sedang kosong dan bisa masuk, maka jawaban dari pengirim berbunyi facsimile/tertulis “Handshaking”.
6)Bila berita sedang masuk dan “On Line“, maka dalam sinyal akan terpampang “Fac Transmitting“ lalu kertas yang kita kirim akan berputar.
Inti dari pelajaran kita kali ini adalah Penanganan facsimile baik penerimaan maupun pengiriman dilakukan atau menjadi tanggung jawab operator telepon. Banyak reservation (pemesanan kamar hotel) menggunakan media ini.

Popular posts from this blog

Istilah-Istilah Dalam Bertelepon

Teori Marketing Perhotelan

Strategi Dan Perencanaan Pemasaran